6 Rumus Dasar Microsoft Excel yang Wajib Anda Ketahui
Tentu
anda sudah mengetahui bagaimana cara menggunakan microsoft office excel
bukan? Namun ternyata, di dalam program tersebut, Excel banyak sekali
rumus yang tentunya berfungsi untuk memudahkan anda dalam melakukan
pekerjaan terutama yang berkaitan dengan pembukuan. Dengan menggunakan
rumus-rumusnya, maka pekerjaan anda yang biasa dilakukan secara manual
akan semakin mudah jika memahami fungsi dan cara menggunakan rumus di
dalam Excel.
Dari banyaknya rumus yang ada di Microsof Excel,
sudah saya rangkum daftar rumus dasar Excel yang perlu anda ketahui
untuk meningkatkan produktifitas anda saat menggunakan Microsoft Excel.
Berikut ulasannya.
Daftar Isi
1. AVERAGE
=AVERAGE(number 1, number 2, dan seterusnya).
Number
1, 2, dan seterusnya ini merupakan kumpulan data yang nantinya akan
dicari nilai rata-ratanya. Contoh : Ketika anda mengisi nilai rata-rata
dari kolom B2 hingga B6, maka anda bisa menggunakan rumus
=AVERAGE(B2:b6) dan akhiri dengan tombol Enter, maka anda akan
mendapatkan hasilnya seperti pada gambar berikut,2. SUM
Rumus SUM pada MS. Excel dipakai untuk menjumlah sekumpulan data di dalam sebuah kumpulan data. Untuk penulisannya yaitu
=SUM(number1, number2, dan seterusnya).
Untuk
number1, number2, dan seterusnya ini merupakan range data yang akan
dijumlah. Misalnya, saat anda akan menjumlahkan kolom B2-B8 dan C2
hingga C8, maka penulisannya yaitu =SUM(B2:B8,C2:C8). Lihat gambar3. MAX
Rumus MAX pada ms. Excel digunakan untuk mencari nilai paling tinggi dari suatu kumpulan data. Untuk menggunakannya dituliskan dengan cara
=MAX(number1, number 2, dan seterusnya)
Number
1, 2, dan seterusnya ini merupakan range data yang akan dicari nilai
tertingginya. Untuk mencari nilai tertinggi pada data yang dituliskan
pada kolom D4 sampai D11, maka penulisan rumusnya adalah sebagai berikut
: =MAX(D4:D11) yang kemudian ditekan tombol Enter untuk mendapatkan
hasilnya.4. MIN
Selain rumus MAX, di dalam program Excel ini juga memiliki rumus MIN yang fungsinya adalah kebalikan dari rumus MAX. Jika MAX untuk mencari nilai tertinggi, makan rumus MIN untuk mencari nilai terendah di dalam sekumpulan data numerik pada sheet Excel. Penulisannya yaitu
=MIN(number1, number2, …)
Dan
number1, 2, … itu merupakan kumpulan data numerik yang akan dicari
nilai terendahnya. Misalnya di dalam sheet Excel yang dibuat untuk
mencari nilai terendah dari A2 sampai A6 maka rumusnya adalah
=MIN(A2:A6) kemudian tekan Enter maka hasil nilai terendah akan
didapatkan.5. Count
Untuk rumus Count berfungsi untuk menghitung jumlah data dalam suatu kumpulan yang dipilih. Bentuk umum menuliskan rumus count ini adalah
=COUNT(number 1, number 2, ….)
dan
number 1, number 2, … adalah kumpulan data yang akan dihitung berapa
jumlah datanya. Contohnya bisa dilihat dari sekumpulan data dari A2-A10
maka rumusnya =COUNT(A2:A10) dan tekan Enter.6. Logika IF
Pada Excel terdapat suatu rumus yaitu Logika IF, dimana rumus tersebut akan digunakan jika data yang akan dimasukkan memiliki suatu kondisi tertentu. Seperti misalnya pada data A1=1, akan didapatkan hasil 2, bila itu tidak didapatkan hasil yang demikian, maka nilainya adalah 0. Untuk fungsi ini biasa akan dibantu oleh pembanding seperti lambang fungsi =(sama dengan), <(lebih kecil). >(lebih besar), <=(lebih kecil sama dengan), >=(lebih besar sama dengan), <>(tidak sama dengan). Sedangkan untuk penulisannya yaitu,
=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false).
Pada
rumus tersebut bisa diartikan bahwa ekspresi dari logika tersebut
bernilai benar. Untuk itu perintahnya pada value_if_true akan
dijalankan. Apabila salah, maka perintah value_if_false maka akan
dijalankan juga. Bisa dilihat pada contoh di bawah ini.Dari gambar di atas bisa diisi dengan keterangan yang ketentuannya, bila kolom Tanda sama dengan K, maka keterangannya adalah kawin, jika tidak maka diisi dengan Tidak Kawin. Dari hal tersebut, maka bisa dituliskan dengan rumus =IF(C3=”K”,Kawin, Tidak Kawin).
Dari rumus tersebut data yang disajikan bertipe teks atau alpha numerik, sehingga harus diberi tanda kutip dua, berbeda jika datanya adalah numerik, maka tidak diperkenankan menggunakan tanda kutip dua.
0 Komentar
dap