Unsur-Unsur Manajemen
Dalam
membentuk sistem manajerial yang baik dibutuhkan unsur-unsur manajemen
di dalamnya. Semua unsur tersebut saling melengkapi satu sama lain, dan
jika salah satu unsur tersebut tidak ada maka berimbas pada hasil
keseluruhan pencapaian suatu organisasi.
Berikut ini adalah unsur-unsur manajemen tersebut:1. Manusia (Human)
Faktor
yang paling menentukan dalam manajemen adalah manusia. Dalam
praktiknya, manusia lah yang membuat tujuan dan melakukan proses
pencapaian tujuan tersebut. Dengan kata lain, proses kerja tidak akan
terjadi bila terdapat unsur manusia di dalamnya.
2. Uang (Money)
Uang
merupakan unsur manajemen yang sangat berpengaruh karena hasil kegiatan
dapat diukur dari jumlah yang beredar di suatu perusahaan. Unsur uang
dapat menjadi alat dalam proses pencapaian tujuan dengan penggunaannya
yang diperhitungkan secara rasional.
Penggunaan
uang dalam suatu perusahaan adalah untuk biaya operasional, seperti
gaji pegawai, pembelian dan perawatan peralatan kantor, dan peralatan
lainnya yang dibutuhkan oleh perusahaan.
3. Materials (Bahan)
Bahan
ini terdiri dari raw material (bahan setengah jadi) dan bahan jadi.
Unsur material merupakan faktor penting dalam dunia usaha karena hasil
yang baik hanya bisa dicapai bila terdapat material yang baik.
4. Mesin (Machines)
Mesin
sangat dibutuhkan manusia untuk melakukan pekerjaan yang sulit menjadi
lebih mudah dan cepat. Penggunaan mesin akan meningkatkan hasil dan
keuntungan serta membuat proses kerja menjadi lebih efektif dan efisien.
5. Metode (Methods)
Proses
pelaksanaan kerja hanya dapat berjalan dengan efektif dan efisien bila
dilakukan dengan metode yang tepat. Suatu metode kerja harus
mempertimbangkan sasaran, fasilitas, waktu, uang, dan kegiatan bisnis.
Selain
itu, metode yang tepat dan baik juga harus dipahami oleh manusia yang
menjalankannya. Dengan kata lain, sebuah metode hanya bisa berjalan
dengan baik bila manusia terlibat di dalamnya.
6. Pasar (Market)
Proses pemasaran
produk merupakan unsur manajemen yang sangat krusial bagi sebuah
perusahaan. Jika tidak ada pemasaran maka barang tidak akan laku.
Suatu
bisnis bisa menguasai pasar bila menawarkan produk yang berkualitas dan
sesuai dengan minat dan daya beli konsumen. Itulah sebabnya proses
pemasaran sangat erat hubungannya dengan kualitas barang yang
dipasarkan.
0 Komentar
dap